Islamic Boarding school (Pesantren)

Boarding school merupakan kata dari bahasa  Inggris  yang terdiri  dari  dua  kata,  yaitu  boarding berarti  berarti  asrama  dan  school berarti  sekolah.  Boarding school adalah sistem sekolah berasrama, dimana peserta  didik  dan  juga  para  guru  dan  pengelola  sekolah  tinggal  di  asrama  yang  berada dalam lingkungan sek olah dalam kurun waktu tertentu.
Menurut Oxford dictionary, pendidikan kepesantrenan (Boarding school) is school where some or all pupil live during the term. Artinya adalah Pesantren adalah lembaga pendidikan yang mana sebagian atau seluruh siswanya belajar dan tinggal bersama selama kegiatan pembelajaran. 
Selain itu Pendidikan (Boarding School) juga didefinisikan:is a school where some or all pupils study and live during the school year with their fellow students and possibly teachers and/oradministrators. Artinya adalah“sebuah pesantren adalah sekolah di mana beberapa atau semua muridnya belajar dan hidup selama tahun ajaran dengan sesama siswa, guru, dan administrator.
Jadi dapat disimpulkan menurut penulis bahwa boarding school didefinisikan sebagai suatu tempat pendidikan dan pengajara yang melibatkan peserta didik dan para pendidiknya bisa berinteraksi dalam waktu 24 jam setiap harinya dan didukung asrama sebagai tempat tinggal santri yang bersifat permanen.
Boarding School atau lebih dikenal pendidikan berbasis pesantren sudah sangat familiar ditelinga ummat muslim.Secara sederhana definisi pesantren salaf adalah sebuah pesantren yang menganut sistem tradisional di mana di dalamnya hanya mengajarkan ilmu-ilmu agama dan sama sekali tidak mengajarkan ilmu umum. Sedangkan pondok modern adalah pesantren yang di dalamnya menganut sistem pendidikan yang diadopsi dari sistem pendidikan modern dan materi yang dipelajari merupakan kombinasi antara ilmu agama dan ilmu umum. Ciri khas pondok modern adalah penekanannya pada kemampuan berbahasa asing secara lisan sedangkan keunikan pesantren salan adalah lebih menekankan pada kemampuan penguasaan kitab kuning.
Perbedaan karekteristik dan kultur antara pondok pesantren salaf dengan pondok pesantren modern menjadi keayaan tersendiri dalam membentuk kader ummat di internal islam. sejatinya merupakan rahmatan lil'alamin. semoga pondok pesantren di Indonesia dapat membentuk generasi-generasi penerus bangsa sesuai Al-qur'an dan hadits.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH SISTEM INTEGUMEN

SBMPTN 2021